Facebook

Bagai Yang Bertindik, Segeralah Bertaubat?

http://moslimpedia.blogspot.com/
Foto Ilustrasi From posmetrobatam.com


MUSLIMPEDIA - Bertambahnya tahun fenomena yang menarik bermunculan, munculnya remaja berpenapilan PUNK cepat sekali merambah berbagai kota di Indonesia. Mereka yang mengaku mencintai music Rock berdandan aneh-aneh biar terlihat metal, mulai dari pakaian baru yang di lubangi, di potong bergaris, memotong habis rambut bagian samping dan memodif rambut bagian atas menjadi kaku lurus layaknya bulatan gergaji.
 
Namun yang paling terlihat identik diantara anak PUNK adalan Tindik (anting) disatu telinga terlihat bertumpuk Tindik, sehingga terlihat semakin metal. Itu tadi pendapat mereka yang sudah nyaman dan terbiasa menjadi anak PUNK.

Orang tua Jawa bilang, ini sudah zaman edan. Tingkah laku anak muda semakin aneh-aneh sesuka hatinya, tanpa memerhatikan lagi nilai budaya. Arus globalisasi semakin membuat budaya local semakin mengkikis, seakan mengajarkan hak kebebasan berekspresi, tanpa mau berfikikir lingkungan seperti apa yang ia singgahi.

Bahasan mengenai moral anak PUNK belum selesai, kini anak muda terserang virus edan, banyak pria yang mulai memakai tindik. Bahasan awalnya memang iseng-iseng, tapi banyak yang kepincut ingin mencoba bertindik, hingga kemudian para pemuda kita sudah biasa (nyaman) dengan penampilan bertindik. Seperti apasih kepuasan yang mereka dapatkan?

Jika diperhatikan dengan jeli, diwaktu shalat jumat coba perhatikan, mereka pemuda yang bertindik juga merupakan muslim dan mengikuti shalat jumah. Ini cobaan sebenarnya, arus globalisasi membawa racun yang sebenarnya merusak moral kalau kita tidak dapat mensikapinya dengan baik. Bernakah mereka yang bertindik mencari tahu dulu, bagaimana kesan moralnya? Bagaimana hukum menggunakan tindik bagi pria?

Sekedar untuk pemahaman bersama, dan demi kemaslahatan umat. Kami akan mencoba memberikan tinjauan hukum islam tentang pria bertindik, dengan harapan dapat menjadi sebuah gambaran, dan bahan pemikiran bersama haruskan tindik tersebut melekat di telinga, ataukah dilepaskan saja. 

Ulama berbeda pendapat tentang hukum memakai tindik bagi wanita. Hanafiyah dan mayoritas ulama Hambali membolehkan wanita memakai tindik. Sementara Syafiiyah dan Ibnul Jauzi berpendapat, bahwa tindik hukumnya terlarang. Mereka beralasan, membuat tindik itu menyakitkan dan alasan menghias diri di telinga bukanlah hal darurat dan tidak terlalu penting, sehingga dibolehkan menyakiti telinga wanita untuk diberi hiasan anting.

Dan yang lebih mendekati kebenaran adalah pendapat jumhur ulama – Hanafiyah dan Hambali – bahwa tindik bagi wanita hukumnya boleh, anting telinga termasuk perhiasan yang sudah banyak dikenal oleh para sahabat wanita di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma menceritakan,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى يَوْمَ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُصَلِّ قَبْلَهَا وَلاَ بَعْدَهَا، ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ وَمَعَهُ بِلاَلٌ، فَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ، فَجَعَلْنَ يُلْقِينَ تُلْقِي المَرْأَةُ خُرْصَهَا وَسِخَابَهَا


Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melaksanakan shalat idul fitri dua rakaat, tanpa shalat sunah qabliyah dan bakdiyah. Ketika berkhutbah, beliau mendekat ke jamaah wanita bersama Bilal. Beliau memerintahkan para wanita untuk bersedekah. Merekapun melemparkan sedekahnya, dan ada wanita yang melemparkan anting dan kalungnya. (HR. Ahmad 2533, Bukhari 964 & Abu Daud 1159). 

Berdasarkan hadis ini, ulama Hanafiyah dan Hambali membolehkan wanita memakai tindik karena kebutuhan mereka untuk berhias dengan anting.

Setelah kita memahami bahwa wanita boleh memakai anting karena kebutuhan berhias, ini menunjukkan bahwa bertindik merupakan ciri khas wanita. Dan sesuatu yang menjadi ciri khas wanita, tidak boleh ditiru oleh lelaki.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan, 


لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنْ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنْ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ
 

 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat para lelaki yang meniru-niru kebiasaan wanita dan para wanita yang meniru-niru kebiasaan lelaki.” (HR. Bukhari 5885)

Atas dasar inilah, para ulama mengharamkan tindik bagi lelaki.

Imam Ibnu Abidin dalam Hasyiyahnya mengatakan :

”Melubangi telinga untuk dipasangi anting termasuk perhiasan wanita, karena itu tidak halal bagi lelaki.” (Raddul Muhtar, 27/81).

Imam Ibnul Qoyim juga mengatakan :

”Menindik bayi laki-laki tidak ada manfaatnya, padahal ini memotong sebagian anggota badannya, tidak ada manfaat sisi agama, maupun dunia. Karena itu, tidak diperbolehkan.” (Tuhfah al-Maudud, hlm. 210).

Seperti yang kita tahu, tradisi lelaki bertindik datang dari barat. Bagian dari budaya hedonis yang diadopsi sebagian remaja di tanah air. Karena itu, di masyarakat kita, tindik bagi lelaki, dipandang sebagai ciri khas manusia ’golongan kiri’. Kami pernah mendapat aduhan, ada seorang gadis yang dilamar oleh lelaki bertindik, dan spontan orang tuanya melarangnya. Karena mereka memandang lelaki bertindik, umumnya bukan orang baik-baik.

Tentu saja penilaian sang bapak, tetap kita hargai. Karena penilaian ini berdasarkan ciri lahiriyah dan bukan batin. Sang bapak tidak menebak batinnya, namun dia menilai berdasarkan lahirnya.

Kaitannya dengan ini, kita tidak diperbolahkan meniru kebiasaan suatu kelompok yang dicatat ’tidak baik’ oleh masyarakat. Dalam hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
”Barangsiapa yang meniru suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka.” (HR. Ahmad 5114, Abu Daud 4031, dan dishahihkan al-Albani).
Sebagai bahan renungan brsama : “Jika seorang lelaki tidak ingin dianggap sebagai bagian orang ’golongan kiri’, hindari memakai tindik”.




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com